Jumat, 22 Agustus 2008

Pentingnya Software Akuntansi untuk UKM

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) identik dengan masih kurangnya kesadaran untuk menjalankan pembukuan dengan baik dalam dunia bisnis. Sebagian besar dari mereka menjalankan bisnisnya sendiri. Dengan kurangnya pengetahuan dalam pembukuan otomatis menghambat mereka menjalankan kegiatan pembukuan keuangan. Sementara minimnya pengetahuan pebisnis UKM dalam pembukuan juga seringkali tidak disertai dengan pemenuhan sumberdaya untuk menjalankan kegiatan akuntansi bisnis.
Kesadaran akan pentingnya pembukuan justru sering timbul ketika mereka harus berhadapan dengan institusi atau pihak lain yang mensyaratkan adanya laporan keuangan atau istilah modernnya akuntansi, untuk kegiatan tertentu. Misalnya untuk kepentingan meminjam modal ke bank, atau keperluan tender. Demikian penuturan General Manager PT Zahir International Muhammad Ismail Thalib tentang pengamatan Zahir pada pelaku UKM Tanah Air dalam hal pembukuan keuangan.

Menurut Muhammad, jika dibandingkan dengan negara Jiran, Malaysia, kesadaran untuk mengadopsi pembukuan keuangan di kalangan pelaku UKM di sana lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, sambungnya, saat ini pelaku UKM dipermudah oleh tawaran software (perangkat lunak) akuntansi yang mudah pemakaiannya dan memang dikhususkan untuk kalangan UKM.
Ya, tawaran software akuntansi bagi pebisnis UKM berdatangan. Kelebihan yang ditawarkan, produk ini diantaranya mempermudah penggunanya karena tidak membutuhkan pengetahuan khusus di bidang akuntansi. Hanya dengan memasukkan data yang diminta, selanjutnya keluaran dalam bentuk laporan keuangan otomatis akan terbentuk.
Muhammad sendiri melihat persaingan diantara pemain penyedia software akuntansi bagi UKM di Tanah Air sebagai hal yang positif. “Setiap produk berupa software yang ditawarkan unik, masing-masing memberikan nilai tambah tersendiri,” ujarnya. Hanya saja diantara pemain tersebut masih sedikit yang branded, sementara yang terbanyak adalah tailor made, yang memberikan jasa jika dipanggil.
Zahir Accounting yang membidik pasar kalangan UKM saat ini menurut Muhammad memiliki sekitar 50%-an pelanggan UKM dari total 6.000 pelanggan semenjak dipasarkan pada tahun 1997. Software akuntansi bagi kalangan UKM tersebut
Sumber : www.wirausaha.com


Tidak ada komentar: