Kamis, 18 Desember 2008

KPU Sosialisasi Pemilu Lewat Blog


Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai getol melakukan sosialisasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2009. Sosialisasi dilakukan bertahap, termasuk dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi (TI).

Salah satu media TI yang dimanfaatkan KPU untuk sosialisasi Pemilu adalah dengan membuat blog bernama domain calegku.info. Namun sayangnya, belum ada satu pun konten yang 'disuntikkan' ke blog ini, setidaknya sampai sekarang.

"Blog ini ditujukan khusus untuk calon legislatif (caleg), memang belum ada isinya karena belum dilaunching," kata Anggota KPU Endang Sulastri kepada detikINET, usai rapat sosialisasi Pemilu di Gedung Depkominfo, Kamis malam (18/12/2008).

Untuk bisa bergabung dalam blog ini, menurut Endang, para caleg diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar dari caleg.

"Persyaratan registrasi lalu dikirim ke KPU, boleh lewat e-mail atau dikirim langsung ke KPU," jelasnya lagi.

Lewat blog ini, KPU berharap bisa terjadi dialog interaktif antara caleg dengan publik seputar Pemilu 2009 yang rencananya akan digelar pada 9 April 2009. Blog ini diharapkan bisa dilaunching akhir Desember.

Selain lewat blog, KPU melakukan sosialisasi Pemilu lewat iklan layanan masyarakat di televisi, radio, media cetak, serta menyebarkan CD berisi tata cara pemungutan dan perhitungan suara.

CD tersebut disebar ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), sampai ke tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).
Sumber : Dewi Widya Ningrum - http://www.detikinet.com


Tidak ada komentar: